CiepCuit

Just another WordPress.com weblog

Pemeliharaan Hutan Mangrove guna Menjaga Lingkungan April 14, 2010

Filed under: Kuliah — ciptani @ 10:15 am

Isu lingkungan hidup pertama kali diangkat sebagai agenda dalam hubungan internasional pada tahun 1970-an. Hal itu ditandai dengan diselenggarakannya Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang lingkungan hidup pada tahun 1972 di Stockholm, Swedia (Mansbach, 1997:14). Bersamaan dengan didirikannya United Nation Environment Program (UNEP) sebuah badan PBB yang bertugas untuk membicarakan sekaligus mencari jalan keluar yang baik terhadap pemecahan masalah lingkungan hidup (Encarta, 2007).

Kerusakan lingkungan hidup menjadi perbincangan dalam hubungan internasional dimana aktor-aktor non-negara memainkan peranan penting dalam merespon permasalahan lingkungan hidup yang secara khusus lingkungan hidup itu sendiri diartikan sebagai seluruh kondisi eksternal yang mempengaruhi kehidupan dan peranan organisme (Perwita,Yani, 2005: 144).

Salah satu penyebab kerusakan lingkungan terjadi dikarenakan perusahaan mutlinasional hanya memperhatikan peningkatan sektor permintaan (demand) sebagai indikasi peningkatan sektor produksi demi terciptanya akumulasi modal tanpa memperhatikan degradasi lingkungan yang ada, degradasi atau kerusakan lingkungan hidup di Indonesia telah berada didalam tahap yang mengkhawatirkan terutama dalam hal pencemaran air akibat limbah industri dan pembangunan perkotaan (Forbes, 2007). Jumlah penduduk diperkirakan masih bertambah, baik nasional maupun global. Sehingga tampillah keharusan merubah pembangunan konvensional ke pola pembangunan berkelanjutan (sustainable).

Terdapat berbagai macam cara dalam menjaga dan merawat lingkungan hidup di sekitar kita. Pembudidayaan hutan mangrove salah satunya, hutan mangrove memiliki berbagai macam fungsi seperti penjaga kualitas air, pencegah bencana alam, penjaga sistem dan proses alami, pengatur fungsi hidrologis dsb.

Indonesia sendiri sebagai negara tropis memiliki hutan mangrove terbesar didunia, luasnya mencapai antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar (http://www.slideshare.net/elisa3da/hutan-bakau-kapuk).

Belakangan ini hutan mangrove di Indonesia mengalami penurunan luas wilayah, terutama di kawasan Jakarta Utara. Pembangunan kawasan elite di atas lahan hutan mangrove di wilayah Jakarta Utara ini menyebabkan meningkatnya intrusi air laut ke darat yang menyebabkan makin parahnya banjir di Jakarta, meningkatnya abrasi, hilangnya habitat flora dan fauna di daerah tersebut.

Banyak nya dampak negatif dari berkurangnya luas wilayah hutan mangrove perlu kita perhatikan. Pengurangan luas wilayah hutan mangrove perlu dihentikan, pembudidayaan hutan mangrove perlu ditingkatkan untuk menjaga lingkungan kita.

About these ads
 

9 Responses to “Pemeliharaan Hutan Mangrove guna Menjaga Lingkungan”

  1. -naz- Says:

    setuju saya…dlm hal ini pencemaran lingkungan memang sudah sangat memprihatinkan, dan jika ini dibiarkan terus menerus tanpa adanya penanggulangan yg pasti serta bertahap, dipastikan untuk beberapa tahun kedepan kita akan melihat genangan air dimana-mana, serta polusi udara yg meningkat tajam, belum lagi penyakit-penyakit yg akan timbul dikarenakan pencemaran lingkungan tersebut.

    pembudidayaan hutan mangrove diJakarta khususnya memang sangat perlu dilakukan….tapi dimanakah hutan itu akan dibuat, sedangkan sekarang saja kawasan hijau dijakarta sangat jarang ditemui, berharap saja untuk beberapa tahun kedepan kita tidak akan melihat genangan air dan polusi udara yg meningkat tajam.amien

  2. ciptani Says:

    amie,,
    waktu itu saya pernah lihat acara TV yg membahas seorang aktifis wanita, rela mengorbankan hektar’an tanah nya di kawasan Jakarta untuk di jadikan hutan mangrove,,
    widiwww,, pokok nya keren bagt dah tuh perempuan,,
    smoga makin banyak aktifis2 seperti itu biar lingkungan qta dapat terjaga

  3. kerusakan lingkungan sekitar kita makin parah,,
    oleh karena itu mari kita jaga lingkungan hidup sekitar kita

  4. gi3ku Says:

    mari lindungi hutan mangrove, biar rumah saya yang di jakarta g kebanjiran!!!!

  5. rizaka Says:

    jaga lah hutan hutan yang ada di indonesia…
    agar dapat dio rasakan oleh anax cucu kiita…………

  6. iramerdeka Says:

    kalau berani bertindak maka kita juga harus berani bertanggung jawab. dengan banyaknya masalah-masalah yang merusak lingkungan sehat kita sebaiknya dapat dikurangi dan dijaga agar tidak terjadi, apalagi sudah sangat kita ketahui dampak-dampak apa saja yang akan terjadi bila kita menuai benih-benih kerusakan. maka dari itu diharapkan untuk semua warga agar dapat menjaga lingkungannya agar kita sendiri tidak terkena dampak dari perlakuan yang tidak bertanggung jawab.

  7. hariorizki Says:

    mari kita jaga dan lindungi hutan-hutan kita dan perbanyak penghijauan….
    karena Indonesia merupakan salah satu dari paru-paru dunia…..

  8. makanya sebagai manusia kita wajib menjaga kelestarian hutan kita..manusia yang berbuat maka manusia juga yang bertanggung jawab..
    hutan kan merupakan paru-paru dunia jadi mesti dilstarikan..apalagi hutan di Indonesia cukup mempunyai andil untuk mengurangi global warming..so let’s go green…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.